Sabtu, 26 Mei 2012

Mencari Chord Pada Sebuah Lagu


Mencari Chord Pada Sebuah Lagu


Jika kita mendengarkan sebuah lagu, kadang kita ingin memainkan lagu itu dengan gitar kita. Tapi saat nyari chordnya sendiri malah bisa bikin puyeng. Banyak nada yang campur aduk masuk dalam pikiran kita, bunyi drum, keyboard, bass dsb. Hmmm.. kadang buat praktisnya kita milih beli buku lagu2, atau pake software yang buat nyari cord secara otomatis… trus tinggal nyontek, digenjreng deh… :D
Emang gak gampang nyari chord sebuah lagu dengan cuman dengerin lagunya aja., Bahkan seorang musisi terkenalpun pasti gak langsung dapet detail chord dengan mudah, karena sebuah lagu adalah karya seni hasil kreasi susunan nada2 yang mempunyai tingkat kwalitas masing2. Semakin tinggi tingkatan kwalitasnya semakin susah dicari nada2nya.
Nah, kali ini aku ingin berbagi sedikit tips sederhana buat nyari chord pada sebuah lagu.
Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan:
1. Harus bisa memainkan gitar.
2. Mengenal beberapa chord.
3. Bisa menyetem gitar sendiri. Ini penting. Karena dengan bisa menyetem gitar dengan baik, maka kita punya kepekaan terhadap nada, istilahnya feeling nada. :D
Oke.. Selanjutnya kita masuk pada langkah2 dalampencarian chord lagu:
1. Stem gitar pada posisi standart.
2. Dengarkan baik2 lagunya, kalo perlu diulang-ulang sampe paham dan bisa membedakan suara gitar dengan instrumen lainnya yang ada pada lagu tersebut.
3. Amati dan bedakan dari mulai intro, lirik, chorus, interlude, outtro, dsb.
4. Mulai dengan yang termudah.. cari nada dasar dari nada pertama atau terakhir pada lagu. Caranya: begitu lagu itu masuk ke verse 1, ingat2 nadanya (bisa sambil humming), trus cari2 notnya sampe nada dasarnya ketemu.
5. Chord yang umum,
Misalnya:
Nada dasar C atau do= C
Rumus jarak: C-D-E-F-G-A-B-C’ = 1 – 1 – 1/2 – 1 – 1 – 1 – 1/2
Untuk chord: D—>>Dm, E—>>Em, A—>>Am, dan C’—>>Cdim …dan seterusnya berpatokan pada rumus.
C Dm Em F G7 Am…..kadang ada D7 atau E7
- Nada dasar D atau do= D
Rumus jarak: D-E-F#-G-A-B-C#-D = 1 – 1 – 1/2 – 1 – 1 – 1 – 1/2
Untuk chord: E—>>Em, F#—>>F#m, B–>>Bm
Cari seputar chord-chord itu, lakukan dengan sabar dan telaten. Ini hanya dasarnya aja. Untuk mempelajari teori musiknya kalian harus les/kursus dulu atau paling gak berguru pada yang udah berpengalaman/ahlinya.
6. Mulai dengan tempo yang lambat, lalu pelan2 baru dipercepat. Bisa menggunakan metronome buat dapetin tempo yang dinginkan.
7. Ingat, konsentrasi dan pake feeling… kalian harus bener2 bisa menyelami lagunya dari hati.Jangan maksa buat sama persis kaya musisi aslinya. yang penting nada dan feelnya dapet. Untuk mencapai kesempurnaan harus banyak belajar dan pengalaman.
Main gitar adalah  kreasi nada dalam bermusik, yang punya nilai seni, hidup berkembang dalam selera dan idealisme, yang juga butuh jiwa dan perasaan buat memainkan…bukan sekedar memetiknya saja.
Selamat mencoba… :D

0 komentar:

Posting Komentar